Mahasiswa Gotong Royong Bersihkan Pantai Padang


Kamis, 16 Februari 2017|15:01:02 |Dibaca : 58 Pembaca
about img

PADANG — Pelibatan masyarakat dalam menjaga kebersihan Pantai Padang di Kota, Sumatera Barat, terus digalakkan pemerintah kota setempat. Selasa (14/2) pagi misalnya, mahasiswa dan staf Akademi Keperawatan Kesehatan Daerah Militer I/Bukit Barisan Padang melaksanakan gotong royong membersihkan sampah yang mengotori Pantai Padang. 

Mahasiswa dan staf Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang bergotong royong membersihkan sampah yang mengotori Pantai Padang, Selasa (14/2).

Direktur Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang Mayor Ckm (K) Yul Afni mengatakan, kegiatan yang diikuti 150 mahasiswa dan staf tersebut tidak hanya bentuk aplikasi pembelajaran di kampus, tetapi sebagai dukungan terhadap program pemerintah Kota Padang yang saat ini tengah giat menggenjot sektor pariwisata.

“Dari berbagai pemberitaan, Walikota Padang tahun 2017 ini menargetkan kunjungan wisatawan hingga 5 juta orang. Tentu agar itu bisa terwujud, obyek wisata salah satunya harus terjaga kebersihannya, termasuk Pantai Padang yang memang menjadi andalan Kota Padang. Kami berharap, gerakan seperti ini tidak hanya oleh kami dan berhenti di sini saja, tetapi juga semua pihak harus ambil bagian,” kata Direktur Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang Mayor Ckm (K) Yul Afni.

Mahasiswa dan staf Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang bergotong royong membersihkan sampah yang mengotori Pantai Padang, Selasa (14/2).

Pantauan Kompas, sambil membawa kantung plastik hitam besar, mahasiswa dan staf Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang berjalan kaki menyusuri pantai dan selokan di jalur pedestrian pantai tersebut. Begitu menemukan sampah, mereka kemudian memasukkannya ke dalam plastik. Kantung-kantung plastik itu selanjutnya mereka kumpulkan menjadi satu dan nantinya diangkut oleh petugas kebersihan.

Ditemui di kawasan Pantai Padang, Kepala Dinas Pariwisata Medi Iswandi mengatakan, pemerintah Kota Padang menyambut baik segala inisiatif masyarakat dalam menjaga kebersihan Pantai Padang. Menurutnya, kepakaan dan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga obyek pariwisata memang sangat diharapkan.

“Belakangan, memang semakin banyak masyarakat yang peduli dengan Pantai Padang. Setiap minggu, ada yang masukkan surat untuk melaksanakan bersih-bersih di Pantai Padang. Selain dari Akademi Perawat Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) I/Bukit Barisan Padang, sebelumnya juga ada bantuan dari Komunitas anak SMA se-Kota Padang angkatan 1994 berupa tong sampah untuk kawasan Pantai Padang,” kata Medi.

 

 

Link Utama